oleh

Khofifah, Ajak Peziarah Teladani Kepemimpinan Raja-Raja Sumenep

Pena madura, Sumenep, Sabtu 17 Maret 2018 – Ziarah ke Makam Raja-raja Sumenep, Khofifah Indarparawansa, ingin meneladani kepemimpinan para raja Sumenep sebagai pemimpin pemerintahan dan pemimpinan keagamaan yang bijaksana dan di segani rakyatnya.

Khofifah Indar Parawansa, memanfaatkan hari libur nyepi hari ini, sabtu (17/03/2018) dengan berziarah ke makam raja-raja Sumenep di komplek pemakaman Asta Tinggi desa kebunagung Kecamatan Kota Sumenep, Madura Jawa Timur.

Para Raja Sumenep yang ada di komplek pemakaman Asta Tinggi; seperti Pangeran Pulang Jiwa, Pangeran Jimat, Tumenggung Tirti Negoro (Bindara Saod), Panembahan Noto Koesumo (mohmmad saleh), adalah merupakan orang-orang pilihan selain sebagai peminpin yang sangat di cintai rakyatnya, mereka juga menjadi kepala pemerintahan dan sekaligus sebagai pemimpin keagamaan di zamannya.

“Raja-raja yang di makamkan disini juga adalah para Pemimpin Agama, selain sebagai tokoh Pemerintahan juga tokoh Kerajaan tapi juga tokoh Agama,” kata Khofifah Indar parawansa, usai ziarah di makan raja-raja sumenep, sabtu (17/03/2018).

Kepemimpinan para raja-raja sumenep khususnya dan para raja-raja di Indonesia pada umumnya harus menjadi refrensi bagi kita untuk menata kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, kepemipinan seorang raja tidak semata-mata mengedapankan kepemimpinan sebagai kepala pemerintahan, namun juga pendekatan keagamaan.

“Ada dua hal yang bisa di jadikan refrensi edukasi dan refrensi religiusitas bagi siapapun yang berziarah ke makam raja-raja Sumenep, bagaimana seorang pemimpin Negara juga pemimpin kerajaan juga adalah agamawan,” Jelas khofifah, menambahkan.

Saat melakukan ziarah ke makam raja-raja Sumenep di Asta tinggi, khofifah menjadi magnet bagi para peziarah dari berbagai daerah yang ada di asta tinggi, mereka langsung berebut untuk bersalaman dan mengabadikan moment dengan berfoto selppi dengan calon gubernur jawa timur nomor urut 1 tersebut. (Man/ Emha).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed