oleh

Ini Pesan KH. Said Abdullah Saat Buka Kongres II FKMMAI Sumenep

Pena Madura, Sumenep, Senin 05 Maret 2018 –  Kongres II Forum Komunikasi Mahasiswa Matholi’ul Anwar Indonesia (FKMMAI), membedah nasib pesantren di tengah gempuran era digital saat ini.

Said Abdullah, Pengasuh Pondok Pesantren Matholi’ul Anwar Sumenep, yang menyempatkan diri hadir untuk membuka kongres, menitipkan dua hal penting kepada para alumni dan santri yaitu selalu menjaga akhlakul karimah dan nama baik pesantren.

Menurutnya, mahasiswa dan alumni pondok pesantren memiliki tanggung jawab moral untuk menjaga akhlak yang baik dan nama baik pesantren di manapun mereka berkiprah.

Setinggi apapun ilmu dan jabatn seseorang jika tidak di barengi dengan prilaku akhlak yang baik, maka ilmu dan jabatan itu tidak akan berarti apa-apa.

“Dimana saja seorang santri berada hendaknya tetap mampu membawa diri dan mampu mempengaruhi warga lain dengan akhlakul karimah,” kata KH. Said Abdullah, saat membuka kongres II Forum Komunikasi Mahasiswa Mathali’ul Anwar Indonesia di gedung Islamic Center Bindara Saod, Kecamatan Batuan Sumenep, Ahad (04/3/2018).

Ditengah banyaknya budaya barat dan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan saat ini, akhlakul karimah harus tetap melekat pada diri seorang santri. dengan ilmu dan akhlak yang baik itu seorang santri akan tetap terjaga dan dihormati oleh masyarakat.

“Ilmu dan amal kesantrian harus dibawa dengan akhlak yang baik pula di lingkungan masyarakat, besarkan nama Matholi’ul Anwar dengan akhlak yang agung,” tambahnya.

Sementara KH. Agus Sunyoto, pemateri dalam seminar nasional “Masa Depan Pesantren Di Era Digital” pada Kongres II FKMMAI itu mengatakan,  santri harus mampu memahami ilmu yang di ajarkan pesantren dalam kehidupan sehari-hari, agar menjadi panutan bagi lingkungan dan masyarakat seperti yang di lakukan para ulama wali songo.

“Walisongo itu ilmunya luar biasa semuanya kagum baik ilmu keagamaannya maupun ilmu di bidang lain sehingga walisongo mampu merubah keadaan menjadi lebih baik,” jelasnya.

Kongres II FKMMAI kali itu, bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja RI. Kemudian, Kegiatan dilanjutkan Job Fair pada Senin (05/3/2018) hari ini, bekerjsama dengan sejumlah perusahaan yang akan memberikan informasi peluang kerja bagi masyarakat.(Man/EmHa).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed